Minggu, 16 Desember 2012

SOAL UAS PASCA SARJANA TP UIA MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA DAN PENGOLAAN SUMBER BELAJAR.


"Jika anda seorang guru profesional yang akan melakukan misi pembelajaran di sebuah sekolah percontohan, tahapan apa yang akan anda lakukan agar siswa belajar dengan penuh semangat mengikuti pembelajaran yang akan anda lakukan dengan mengacu pada teori yang sudah dipelajari, dan anda dalam pembelajaran tersebut selalu melibatkan media pembelajaran. Jelaskan dengan anda sebagai guru bidang studi tertentu".

JAWABAN UAS MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA DAN PENGOLAAN SUMBER BELAJAR.

NAMA : ASMUNI

NIM : 5520110116

BIDANG STUDI : BAHASA ARAB

LOKASI SEKOLAH : PERKOTAAN

SOAL UAS PASCA SARJANA TP UIA :

"Jika anda seorang guru profesional yang akan melakukan misi pembelajaran di sebuah sekolah percontohan, tahapan apa yang akan anda lakukan agar siswa belajar dengan penuh semangat mengikuti pembelajaran yang akan anda lakukan dengan mengacu pada teori yang sudah dipelajari, dan anda dalam pembelajaran tersebut selalu melibatkan media pembelajaran. Jelaskan dengan anda sebagai guru bidang studi tertentu".



JAWABAN :

Yang saya lakukan adalah mempersiapkan bahan ajar sebaik-baiknya agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar, yang ditandai bahwa semua siswa antusias mengikuti proses pembelajaran. Sejumlah tahapan harus saya pikirkan dan saya rumuskan untuk tujuan tersebut :

Tahapan-tahapan tersebut adalah :

1. Menetapkan langkah-langkah dalam proses penyajian materi di kelas sesuai dengan bab yang akan dibahas. Tentunya sesuai dengan langkah-langkah yang sudah saya rumuskan di dalam RPP yang meliputi : Pembukaan, kegiatan inti dan penutupan.

2. Membuat media pembelajaran sesuai dengan bab yang akan disajikan. Contoh : Saya mengajarkan pelajaran 1,2 dan 3 dari buku Durusullughatil 'arabiah yang membahas tentang nama-nama benda mudzakkar dan muannats, ism isyarah dekat dan jauh untuk mudzakkar dan muannats, maka saya buat gambar-gambar ism-ism tersebut dengan ukuran cukup besar (kertas A 4) dan full color dengan menggunakan komputer lalu saya print.

3. Dalam penyajiannya :

1) Saya tulis ringkasan apa yang akan dipelajari di papan tulis.

2) Saya sebutkan ism-ism dalam bahasa arab yang fasih yang diiktui oleh siswa setelah menunjukkan gambarnya di hadapan mereka.

3) Saya tunjuk siswa satu persatu untuk menirukan pengucapan tersebut dengan benar.

4) Saya tulis ism yang sudah disebutkan di papan tulis, agar siswa mengetahui cara penulisannya yang benar sesuai kaidah imlak. Demikian untuk ism-ism seterusnya.

5) Saya ucapkan contoh kalimat dengan menggunakan ism isyarah, baik mudzakkar atau muannats, baik untuk jauh atau dekat yang ditirukan oleh semua siswa.

6) Saya tunjuk siswa satu persatu untuk mengucapkannya dengan fasih dan benar.

7) Penulisan kalimat tersbut di papan tulis, agar siswa mengetahui cara menulisnya yang benar. Demikian seterusnya.

8) Saya sebutkan contoh kalimat tanya dengan menggunakan kata ما digabung dengan ism isyarah dengan macamnya yang ditirukan oleh semua siswa.

9) Saya sebutkan contoh jawabannya yang benar yang ditirukan oleh semua siswa.

10) Kalimat tanya dan jawabannya saya tulis di papan tulis agar siswa mengetahui cara menulisnya yang benar.

4. Penutup.

1) Satu persatu siswa saya minta praktek menyebutkan semua ism dengan menunjukkan gambar yang ada, lalu menyebutkan namanya dalam bahasa Arab secara fasih dan benar.

2) Saya baca semua apa yang telah saya tulis di papan tulis

3) Saya perintahkan kepada siswa agar menulis apa yang sudah saya tulis di papan tulis.

4) Siswa satu persatu saya suruh membaca tulisannya masing-masing untuk memperbaikan bacaan mereka yang kurang tepat atau salah.

5) Latihan tanya jawab antar siswa.

6) Evaluasi dengan menjawab semua latihan di dalam buku teks secara lisan dan tulisan yang dikoreksi dan dilakukan perbaikan semestinya.

6) Selesai penyajian pelajaran 1, 2 dan 3.



*****





Tidak ada komentar:

Posting Komentar