SOAL PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR
SOAL UAS PASCA SARJANA PROGRAM TEKNOLOGI PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM ASYAFI'IYAH
1. Jelaskan pengertian Sumber Belajar yang dikutip, minimal 5 pendapat para ahli, kemudian dikemas menjadi pendapat saudara sendiri.
2. Jelaskan perbedaan Sumber Belajar dengan Bahan ajar dan uraikan beserta contohnya.
3. Secara skematik prosedur merancang sumber belajar mengikuti langkah sebagai berikut :
4. Jelaskan ke-6 langkah tersebut?
5. Buatlah Rencana Pembelajaran / RPP dalam persiapan mengajar saudara dalam kelas, yang
disesuaikan dengan kondisi kelas, letak geografis, keterbatasan sarana dan lain-lain, dengan
melibatkan sumber belajar secara optimal?
6. Jika saudara menjadi pemangku kebijakan dibidang pendidikan di kabupaten Sukabumi,
Program apakah yang akan saudara lakukan terkait dengan peningkatan kualitas pendidikan
yang berorientasi pada pengembangan sumber belajar?
____________ SELAMAT BEKERJA SEMOGA SUKSES ______________
Posted 6th October 2011 by SAMSUDIN
JAWABAN UAS
PROGRAM PASCA SARJANA JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM AS-SYAFI'IAH JAKARTA
MATA KULIAH : PENGEMBANGAN MEDIA DAN PENGELOLAAN SUMBER BELAJAR
DOSEN : DR. SAMSUDIN
MAHASISWA : ASMUNI
NIM : 5520 110 116
1. Pengertian " sumber belajar " :
1) Menurut Wina Sanjaya sumber belajar adalah segala sesuatu yang ada di sekitar lingkungan kegiatan belajar yang secara fungsional dapat digunakan untuk membantu optimalisasi hasil belajar.
2) Menurut Barbara B. Seels dan Rita C. Richey sumber belajar adalah apa saja yang mendukung terjadinya proses belajar, termasuk sistem pelayanan, bahan pembelajaran dan lingkungan. Termasuk ke dalamnya adalah tenaga, biaya dan fasilitas.
3) Menurut Association for Education and Communication Technology (AECT) sumber belajar adalah semua sumber, baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujun belajar atau mencapai kompetensi tertentu.
4) Sudjana (Suratno, 2008), menuliskan bahwa pengertian sumber belajar bisa diartikan secara sempit dan secara luas. Pengertian secara sempit diarahakan pada bahan-bahan cetak. Sedangkan secara luas tidak lain adalah daya yang bisa dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar mengajar, baik secara langsung maupun tidak langsung.
5) Sadiman mendefinisikan sumber belajar sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk belajar, yakni dapat berupa orang, benda, pesan, bahan, teknik, dan latar (Sadiman, Arief S., Pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pembelajaran, makalah, 2004)
Dengan demikian maka sumber belajar menurut saya adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk belajar, apakah berupa pesan, orang, bahan, alat, tehnik atau lingkungan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.
2. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk belajar, baik berupa pesan, orang, bahan, alat, tehnik atau lingkungan. Contoh : Seorang tokoh masyarakat, pasar, komputer dan lain-lain. Dengan demikian maka sumber belajar adalah segala sesuatu yang belum dikoordinir secara rapi sehingga memberikan alur dalam proses belajar mengajar. Masing-masing sumber masih berdiri sendiri-sendiri dan belum efektif dalam kegiatan belajar mengajar.
Sedangkan bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instructur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis. Contoh : RPP, Modul dan lain-lain. Dengan demikian maka bahan ajar adalah sebuah instrumen yang memberikan arahan, batasan dan evaluasi bagi guru dalam mengajar dan bagi siswa dalam belajar sehingga kegiatan belajar mengajar focus kepada tujuan pembelajaran.
3. Dalam merancang sumber belajar, secara skematik harus mengikuti prosedur sebagai berikut:
Langkah pertama mempelajari kurikulum. Sebelum guru menetukan sumber belajar yang akan digunakan, terlebih dahulu guru harus mempelajari silabus yang terdapat di dalam kurikulum. Dalam silabus tersebut telah disebutkan standar kompetensi (SK), kompetensi dasar (KD), pokok bahasan dalam kegiatan belajar mengajar yang akan dilakukan dalam rangka mencapai standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD), alat evaluasi, sumber belajar dan alokasi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu pokok bahasan.
Langkah kedua menetapkan kompetensi siswa yang hendak dicapai. Kompetensi siswa yang hendak dicapai berupa kompetensi dasar dirumuskan dalam bentuk indikator-indikator yang dijadikan tolok ukur bagi pencapaian kompetensi dasar tersebut. Berdasar indikator-indikator ini dirumuskan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai dalam kegiatan belajar mengajar setelah guru menyelesaikan pembahasan pokok bahasan dalam satu kali atau beberapa kali pertemuan.
Langkah ketiga memilih dan menentukan materi yang akan disajikan. Setelah guru menentukan kompetensi dasar dan merumuskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai berdasarkan indikator-indikator yang dijabarkan dari kompetensi dasar, maka langkah selanjutnya guru memilih materi pelajaran yang akan disajikan berdasarkan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Materi pelajaran tersebut disusun berdarakan herarkhis tujuan pembelajaran yang dirumuskan oleh guru, dimulai dari level yang mudah sampai pada level yang sukar.
Langkah kempat, memilih dan menentukan jenis dan sumber belajar. Berdasarkan tujuan pembelajaran tersebut maka guru menentukan kegiatan belajar mengajar dan jenis serta sumber belajar yang akan digunakan dalam rangka untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut.
Langkah kelima, mengembangkan sumber belajar. Pada langkah ini guru melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan jenis dan sumber belajar yang telah ditentukan dengan menggunakan berbagai metode yang dianggap relevan dengan tujuan yang akan dicapai.
Langkah keenam. mengevaluasi sumber belajar. Evaluasi sumber belajar adalah penilaian yang dilakukan guru terhadap pelaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan jenis dan sumber belajar yang telah ditentukan. Hal itu dilakukan untuk mengetahui apakah kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan dengan menggunakan jenis dan sumber belajar itu berhasil dengan baik atau tidak.
4. Contoh RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : MA
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Semester : X / Ganjil
Pokok Bahasan : Pelajaran pertama
Sub pokok Bahasan : Isim isyarah jauh dan dekat untuk isim mudzakkar
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. 1. Standart Kompetensi
Siswa mampu berbicara, menulis, menyimak dan membaca dengan lingkup pelajaran
2. Kompetensi dasar
1) Siswa mampu mengidentifikasi 8 isim mudzakkar, isim isyarah dekat dan jauh untuk isim mudzakkar
2) Siswa mampu mengidentifikasi adatul istifham أ dan ما .
3) Siswa mampu menjawab pertanyaan dengan adatul istifham أ dan ما dengan benar.
4) Siswa mampu membuat pertanyaan dengan menggunakan adatul istifham أ dan ما dengan benar.
3. Indikator Pencapaian Hasil Belajar
1) Siswa mampu berdialog dengan menggunakan bahasa Arab dalam lingkup pelajaran 1.
2) Siswa mampu menjawab pertanyaan langsung dari guru dalam lingkup pelajaran 1.
3) Siswa mampu menjawab latihan nomor 1, 2 dan 3 secara lisan dan tulisan.
B. Sumber Pembelajaran
1) Buku paket Bahasa Arab Pondok Modern Gontor (دروس اللغة العربية على الطريقة الحديثة)
2) Media Pembelajaran (8 benda yang sudah ada di kelas, yaitu : Buku cetak, kertas, Kapur tulis, pensil, meja, bangku, kursi dan pintu).
3) Skema ringkasan materi pelajaran.
C. Kegiatan Belajar Mengajar
1. Model Pembelajaran : Langsung
2. Metode : Direct method, diskusi, demonstrasi, peer teaching, tanya jawab dan pemberian tugas.
3. Pelaksanaan :
Kegiatan Inti Waktu
A. Pendahuluan
Apersepsi
Setelah membaca absen, guru bertanya tentang pelajaran hari ini, hari dan tanggal dengan bahasa Arab yang fasih lalu menulisnya di papan tulis dengan huruf Arab.
Guru menyampaikan bahwa hari ini akan belajar pelajaran 1.
10 menit
B. Kegiatan Inti
1. Guru menulis skema ringkasan materi di papan tulis.
1) ألأسماء مذكر
مؤنث
2) اسم الإشارة للمذكر هذا
ذلك
3) الاستفهام والجواب : ما هذا ؟ ذلك .......
ما ذلك ؟ ذلك ......
أهذا ...... ؟ نعم ، ذلك ......
لا ، ذلك .......
أذلك ..... ؟ نعم ، ذلك .....
لا ، ذلك .......
2. Guru mendemonstrasikan 8 benda (mudzakkar) satu persatu, menyebut bahasa Arabnya dengan jelas, fasih dan benar, ditirukan oleh siswa dengan jelas, fasih dan benar secara bersama-sama, guru menunjuk siswa satu persatu agar menirukan dengan jelas, fasih dan benar, lalu menulisnya di papan tulis dengan jelas dan benar pula (tanpa arti).
3. Guru menyebutkan isim isyarah dekat + isim mudzakkar dengan jelas, fasih dan benar yang diikuti oleh siswa.
4. Guru menyebutkan isim isyarah jauh + isim mudzakkar dengan jelas, fasih dan benar yang diikuti oleh siswa.
5. Guru menyebutkan istifham ما + isim mudzakkar dengan jelas, fasih dan benar yang diikuti oleh siswa. Demikian juga jawabannya.
6. Guru menyebutkan istifham أ + isim mudzakkar dengan jelas, fasih dan benar yang diikuti oleh siswa. Demikian juga jawabannya.
7. Guru menyebutkan istifham أ + isim isyarah dekat/jauh + isim mudzkkar dengan jelas, fasih dan benar yang diikuti oleh siswa. Demikian juga jawabannya yang khusus menunjukkan setuju.
8. Guru menyebutkan satu persatu bentuk pertanyaan di atas, lalu siswa menjawabnya secara bersama-sama.
9. Guru menyebutkan satu persatu bentuk pertanyaan di atas, lalu siswa menjawabnya satu persatu secara lisan.
10. Guru menulis semua yang diucapkan di papan tulis.
11. Guru membaca apa yang ditulis di papan tulis dan mengoreksi tulisannya jika ada yang salah.
12. Guru memerintahkan siswa agar menulis di buku tulis khusus untuk kosa kata apa yang ditulis oleh guru di papan tulis.
13. Guru menunjuk satu persati siswa agar membaca apa yang telah ia tulis.
14. Guru memerintahkan kepada siswa agar membuka buku paket mereka.
15. Guru membaca pelajaran 1 di buku paket seraya siswa memperhatikan buku mereka masing-masing.
16. Guru menunjuk satu persatu siswa agar membaca pelajaran 1 di buku paket mereka dengan suara yang jelas.
17. Guru melakukan perbaikan bacaan siswa jika ada kesalahan.
18. Guru memerintah siswa agar menutup buku tulis dan buku paket mereka.
50 menit
C. Penutup
Pos tes :
1. Guru memberikan pertanyaan lisan dengan menggunakan ما + isim isyarah mudzakkar dekat.
2. Guru memberikan pertanyaan lisan dengan menggunakan ما + isim isyarah mudzakkar jauh.
3. Guru memberikan pertanyaan lisan dengan menggunakan أ + isim isyarah mudzakkar dekat + isim mudzkkar.
4. Guru memberikan pertanyaan lisan dengan menggunakan أ + isim isyarah mudzakkar jauh + isim mudzkkar.
5. Semua pertanyaan di atas diulang-ulang dan siswa satu persatu ditunjuk oleh guru untuk menjawabnya dengan bimbingan dari guru.
Latihan :
1. Menjawab latihan 1, 2 dan 3 yang ada di dalam buku paket secara lisan dengan bimbingan guru secara berurutan.
2. Tugas menyelesaikan latihan 1, 2 dan 3 di buku tulis khusus latihan di luar jam belajar formal di kelas.
3. Guru mengoreksi latihan siswa dan memberinya nilai, lalu mengadakan perbaikan secara umum di kelas pada pertemuan berikutnya. 30 menit
*****
5. Langkah yang harus saya lakukan jika diangkat menjadi pemangku kebijakan di bidang pendidikan:1) Menentukan Visi dan misi pendidikan yang jelas dan realistis.
2) Membuat Rencana Kerja jangka panjang dan jangka pendek.
3) Membuat skala prioritas pencapaian rencana kerja.
4) Sosialisasi visi, misi dan rencana kerja ke semua jajaran.
5) Mengadakan pelatihan-pelatihan yang mendukung kemajuan pendidikan.
6) Menghidupkan fungsi kontrol dan pelaporan hasil temuan di lapangan.
7) Menginstruksikan diadakan evaluasi internal berkala tentang pelaksanaan program-program dan rencana kerja di semua jajaran.
******
Tidak ada komentar:
Posting Komentar