Minggu, 16 Desember 2012

FUNGSI-FUNGSI MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN

DAN CONTOHNYA

(TUGAS KELOMPOK)





DISUSUN UNTUK MEMENUHI SALAH SATU TUGAS MATA KULIAH

PENGEMBANGAN MEDIA DAN PENGELOLAAN SUMBER BELAJAR



DOSEN PENGAMPU

DR. SAMSUDIN









OLEH :

ASMUNI

JUHAINI M. RAIS

AHMAD HIDAYATULLAH













PROGRAM MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN

UNIVERSITAS AS-SYAFI’IYAH

JAKARTA

2012




KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur hanya bagi Allah SWT, yang telah memberikan taufiq dan hidayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini.

Shalawat dan salam semoga tercurah kepada junjungan kita, yakni Nabi Muhammad SAW, kepada keluarga, para sahabat, para tabi’in dan tabi’ut tabi'in serta kepada kita semua selaku umatnya.

Tak lupa kami haturkan terima kasih kepada yang terhormat Bapak Dr. Samsudin yang telah memberikan tugas kepada kami agar kami terus-menerus giat dan bersungguh-sungguh dalam belajar.

Bahasan makalah ini adalah tentang berbagai fungsi multimedia dalam pembelajaran menurut para ahli. Juga akan diketengahkan satu contoh multimedia dengan fungsi-fungsinya.

Kami menyadari bahwa dalam makalah ini masih banyak kekurangan dan kesalahan, dan masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu kami mohon kepada Bapak Dosen atau sahabat-sahabat dan siapa saja, sudi kiranya memberikan bimbingan dan arahan agar makalah ini lebih sempurna.



Serang, Desember 2012



Kelompok penyusun

























DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR (2)

DAFTAR ISI (3)

BAB I : PENDAHULUAN ()

A. LATAR BELAKANG

B. RUMUSAN MASALAH


BAB II : PEMBAHASAN

A. Pengertian multimedia.

B. Pengertian pembelajaran.

C. Fungsi multimedia menurut para pakar.

D. Contoh multimedia dan fungsinya.


BAB III : KESIMPULAN

DAFTAR REFERENSI



















BAB I

PENDAHULUAN



A. LATAR BELAKANG

Efektivitas proses belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh faktor metode dan media pembelajaran yang digunakan. Keduanya saling berkaitan, di mana pemilihan metode tertentu akan berpengaruh terhadap jenis media yang akan digunakan. Dalam arti bahwa harus ada kesesuaian di antara keduanya untuk mewujudkan tujuan pembelajaran.

Walaupun ada hal-hal lain yang juga perlu diperhatikan dalam pemilihan media, seperti: konteks pembelajaran, karakteristik pebelajar, dan tugas atau respon yang diharapkan dari pebelajar (Arsyad, 2002). Sedangkan menurut Criticos (1996), tujuan pembelajaran, hasil belajar, isi materi ajar, rangkaian dan strategi pembelajaran adalah kriteria untuk seleksi dan produksi media. Dengan demikian, penataan pembelajaran (iklim, kondisi, dan lingkungan belajar) yang dilakukan oleh seorang pengajar dipengaruhi oleh peran media yang digunakan.



B. RUMUSAN MASALAH

1. Apakah multimedia itu ?

2. Apakah pembelajaran itu ?

3. Apakah multimedia itu ?

4. Apakah contoh multimedia dan fungsinya ?



BAB II

PEMBAHASAN

A. Pengertian multimedia.

Multimedia adalah media yang menggabungkan secara terintegrasi dua unsur atau lebih media. Misalnya : unsur-unsur teks, grafis, gambar, foto, audio, video dan animasi. Secara sederhana multimedia diartikan sebagai lebih dari satu media.

Multimedia terbagi menjadi dua kategori, yaitu: multimedia linier dan multimedia interaktif.

Multimedia linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan), contohnya : TV dan film.

Sedangkan multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif adalah : multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi game dan lain-lain .

Suatu komputer pribadi (PC) dapat dikatakan sebagai PC multimedia jika PC tersebut memiliki: drive CD-ROM atau DVD dan mendukung perekaman dan pemainan kembali (playback) audio-video, tentunga harus didukung dengan prosesor pusat yang cukup cepat dan RAM yang cukup besar yang mampu memainkan dan berinteraksi dengan media-media tersebut secara waktu nyata (real-time). Juga hard disk yang cukup besar untuk menyimpan hasil-kerja multimedia yang diciptakan.

B. Pengertian pembelajaran.

Sedangkan pembelajaran diartikan sebagai proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar.

Jadi dalam pembelajaran yang utama adalah bagaimana siswa belajar. Belajar dalam pengertian aktifitas mental siswa dalam berinteraksi dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan perilaku yangbersifat relatif konstan .

Ada suatu unsur di dalam multimedia dan pembelajaran yang bisa dikaitkan. Sehingga dengan adanya kaitan ini, multimedia sebagai sarana penyempai informasi, dengan berbagai kelebihannya, memberikan manfaat kepada proses belajar, yang hakikatnya adalah transfer informasi dari guru kepada pelajar.

Di pihak lain, pembelajaran yang kadang-kadang dikesan oleh siswa sebagai kegiatan yang membosankan dan melelahkan, mendapat angin segar dari multimedia. Multimedia dengan berbagai kelebihannya, menjadikan pembelajaran sebagai suatu kegiatan yang sangat menarik dan menyenangkan bagi siswa. Guru akan merasa sangat terbantu dalam menjalankan profesinya.

C. Fungsi Multimedia menurut para pakar.

1. Mc Know menytakan bahwa fungsi media adalah :

1) Mengubah titik berat pendidikan formal, yang artinya, dengan media pembelajaran yang sebelumnya abstrak menjadi kongkret, pembelajaran yang sebelumnya teoritis menjadi fungsional praktis.

2) Membangkitkan motivasi belajar.

3) Memperjelas penyajian pesan dan informasi.

4) Memberikan stimulasi belajar atau keinginan untuk mencari tahu .

2. Menurut Levie dan Lentz fungsi media (khususnya media visual) ada emapt, yaitu :

1) Fungsi atensi (siswa lebih fokus kepada apa yang ia pelajari).

2) Fungsi afektif (dapat diamati dari tingkat "kenikmatan" siswa).

3) Fungsi kognitif (mempercepat pencapaian tujuan pembelajaran untuk memahami dan mengingat pesan/informasi yang terkandung dalam gambar atau lambang visual), dan

4) Fungsi kompensatoris (memberikan konteks kepada siswa yang kemampuannya lemah dalam mengorganisasikan dan mengingat kembali informasi dalam teks. Dengan kata lain bahwa media pembelajaran ini berfungsi untuk mengakomodasi siswa yang lemah dan lambat dalam menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dalam bentuk teks (disampaikan secara verbal)) .

3. Rowntree mengemukakan enam fungsi media, yaitu:

1) Membangkitkan motivasi belajar.

2) Mengulang apa yang telah dipelajari.

3) Menyediakan stimulus belajar.

4) Mengaktifkan respon murid.

5) Memberikan umpan balik dengan segera.

6) Menggalakkan latihan yang serasi .

4. Menurut Sadiman secara umum media pendidikan mempunyai fungsi sebagai berkut :

1) Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbal

2) Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.

3) Penggunaan media pendidikan secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif anak didik.

4) Dengan sifat yang unik pada setiap siswa ditambah lagi dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda, sedangkan kurikulum dan materi pendidikan ditentukan sama untuk setiap siswa, maka guru banyak mengalami kesulitan bilamana semua itu harus diatasi sendiri. Hal ini akan lebih sulit bila latar belakang lingkungan guru dengan siswa berbeda. Masalah ini dapat diatasi dengan media pendidikan, yaitu dengan kemampuannya dalam :

o Memberikan perangasangan yang sama.

o Mempersamakan pengalaman.

o Menimbulkan persepsi yang sama .

5. Hamalik mengatakan bahwa Pemanfaatan media dalam pembelajaran

1) Dapat membangkitkan keinginan dan minat baru.

2) Meningkatkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar.

3) Berpengaruh secara psikologis kepada siswa.

4) Sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian informasi (pesan dan isi pelajaran) pada saat itu.

5) Membantu peningkatan pemahaman siswa.

6) Penyajian data/informasi lebih menarik dan terpercaya.

7) Memudahkan penafsiran data, dan memadatkan informasi .

6. Sudjana dan Riva'i mengemukakan manfaat media dalam pembelajaran, yaitu :

1) Dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa karena pengajaran akan lebih menarik perhatian mereka.

2) Bahan pengajaran akan menjadi lebih jelas sehingga dapat dipahami siswa dan memungkinkan terjadinya penguasaan serta pencapaian tujuan pengajaran.

3) Metode mengajar akan lebih bervariasi, tidak semata-mata didasarkan atas komunikasi verbal melalui kata-kata.

4) Siswa lebih banyak melakukan aktivitas selama kegiatan belajar, tidak hanya mendengarkan tetapi juga mengamati, mendemonstrasikan, melakukan langsung, dan memerankan .



RINGKASAN FUNGSI MEDIA PEMBELAJARAN :

1. Menjadikan proses pembelajaran lebih efektif.

2. Meningkatkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar.

3. Meningkatkan pemahaman siswa (Fungsi kognitif).

4. Penyajian pelajaran menjadi lebih menarik, variatif dan terpercaya (Fungsi afektif).

5. Memudahkan penafsiran data (Fungsi kognitif & Fungsi atensi).

6. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.

7. Memungkinkan siswa belajar secara mandiri.

8. Fungsi kompensatoris (Membantu siswa yang lemah dalam memahami dan mengingat informasi).

9. Memperjelas penyajian materi (pesan) dalam bentuk visual yang jelas sehingga pesan tidak terlalu bersifat verbalistis.

10. Membentuk pengalaman manusia dari sesuatu yang abstrak menjadi sesuatu yang kongkret.

Bila media memberikan manfaat yang sangat besar dalam proses pembelajaran, apalagi manfaat yang bisa dihadirkan oleh multimedia, baik bagi siswa atau guru, tentu jauh lebih besar. Karena pembelajaran berbasis multimedia akan melibatkan lebih dari satu indera siswa. Sehingga kesan belajar yang diterimanya menjadi lebih kokoh dan tidak mudah terlupakan.



C. Contoh multimedia dan fungsinya.

Multimedia adalah media yang menggabungkan dua atau lebih unsur atau elemen media. Elemen-elemen media tersebut adalah :

1. Teks.

2. Gambar.

3. Suara.

4. Animasi.

5. Video

Multimedia juga terdiri dari perangkat multimedia. Ada perangkat keras dan ada perangkat lunak. Perangkat-perangkat itu adalah :

1. Perangkat Keras

Perangkat keras multimedia pada umumnya adalah computer, yang terdiri atas input, output dan storage

1) Input : Keyboard, mouse, microfon, camera, scaner

2) Output : Monitor, speaker, headset, printer

3) Storage : Harddisk, CD, DVD, Flashdisk, card memory

2. Perangkat Lunak

Perangkat lunak atau aplikasi yang mendukung untuk sarana multimedia antara lain :

1) Pengolah teks : Notepad, wordpad, microsoft officeword, open office.

2) Pengolah gambar : Adobe Photoshop, corel draw,photoscape, phothoshine, 5d fly, lightroom.

3) Pengolah Suara : Sound forge, sonic, adobe audition, cool edit pro,

guitar pro.

4) Pengolah Animasi : Macromedia flash, adobe flash, swis,GIF

animator.

5) Pengolah Video : U lead, windows movie maker, adobe premiere,

sony vegas.

Contoh multimedia yang paling populer sekarang selain CD dan video pembelajaran interaktif adalah internet. Semua elemen multimedia telah dihimpun dalam internet. Bahkan internet bisa memberikan kemudahan belajar berupa ketidakterikatan siswa dengan waktu, ruang dan tatap muka dengan guru. Yang sering menjadi ganjalan dalam penggunaan internet adalah (1) Ketersediaan perangkat keras dan lunaknya, yaitu komputer multimedia, (2) Kemampuan pengoperasiannya dan (3) Kekhawatiran benturannya dengan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakat.



BAB III

KESIMPULAN

1. Multimedia adalah media yang menggabungkan lebih dari dua elemen media.

2. Pembelajaran adalah kegiatan yang sangat relevan jika didukung dengan multimedia sebagai medianya.

3. Multimedia sangat bermanfaat sebagai media pembelajaran.

4. Contoh multimedia adalah internet, CD pembelajaran interaktif, video pembelajaran interaktif dan lain-lain.



DAFTAR REFERENSI

1. (http://yossiekudotcom.wordpress.com/2011/09/27/pembelajaran-berbasis-multimedia/)

2. (http://www.m-edukasi.web.id/2012/04/fungsi-media-pembelajaran.html)

3. (http://edukasi.kompasiana.com/2009/12/18/media-pembelajaran-arti-posisi-fungsi-klasifikasi-dan-karakteristiknya/)


******





Tidak ada komentar:

Posting Komentar